3 Cara Alami Mengatasi Jerawat Punggung Menurut Ahli Dermatologi

3 Cara Alami Mengatasi Jerawat Punggung Menurut Ahli Dermatologi

Tak hanya ada di muka, jerawat bisa juga ada pada bagian badan lain, terhitung di punggung. Walau tumbuh di tempat yang tertutup baju, jerawat punggung seringkali membuat pasiennya tidak nyaman sebab menganggap gatal dan ngilu.

Bahkan, jerawat punggung dapat memunculkan sisa bintik kehitaman yang hendak susah ditiadakan lho. Pasti ini dapat mengusik performa ya, apa lagi bila kamu sebagai fans baju backless. Tetapi sebetulnya, apa sebagai pemicu munculnya jerawat pada punggung?

Seorang dokter NHS GP, Adwoa Danso, mengutarakan jika jerawat punggung karena ada penimbunan minyak dan sel-sel kulit mati dalam atau sekitaran pori-pori kulit. “Pori-pori dapat mampet dan menarik bakteri yang tumbuh subur. Ini mengakibatkan tanggapan inflamasi di kulit yang mengakibatkan pustula dan tonjolan.” jelas Danso, dikutip Elle.

Pada umumnya, jerawat punggung itu bisa terjadi saat hormon seorang mulai bekerja. “Gempuran jerawat punggung mayoritas diawali dari periode pubertas dan condong lebih mempengaruhi pria. Tempat intinya ialah punggung atas, punggung bawah, dan pundak.” kata Dr. Vanita Rattan, Founder dan CEO dari The Hyperpigmentation Clinic, berbasiskan di London.

Disamping itu menurut Danso, sebagian orang yang mempunyai abnormalitas hormonal semakin lebih rawan pada jerawat. “Orang dengan kulit berminyak atau menanggung derita abnormalitas hormonal seperti sindrom ovarium polikistik lebih rawan pada jerawat. ” tutur Danso.

Nah, untuk menahan dan menangani jerawat punggung, berikut 6 langkah alami tangani jerawat punggung dari beberapa pakar dermatologi, yang dapat diaplikasikan.

  1. Ganti sabun mandi

Salah satu langkah pas untuk menangani jerawat punggung dengan menukar sabun mandi. Menurut Dr. Justin Kluk, konselor dermatologis berbasiskan di London menjelaskan, penyeleksian sabun mandi untuk jerawat punggung sebaiknya yang memiliki kandungan bahan aktif seperti salicylic acid, glycolic acid, dan lactic acid.

Pasalnya , ke-3 bahan itu dijumpai bisa terkelupas susunan kulit mati untuk menahan penyumbatan pori-pori sebagai pemicu jerawat punggung.

“Asam semacam ini menahan sel-sel kulit mati menimbun dan menutup pori-pori, ” terang Kluk. Tetapi, hal paling penting dari semuanya menurut Kluk adalah harus teratur mandi sehari-harinya.”Dan ingat, membersihkan kulit badan secara detail di kamar mandi tiap hari.” sambungnya.

  1. Mandi segera setelah berolahraga

Menunda mandi sesudah melakukan aktivitas sepanjang hari atau olahraga dapat memacu perkembangan jerawat lho. Karena, keringat yang banyak muncul dapat menimbun dan menutup folikel rambut hingga jerawat gampang tumbuh di punggung mu.

“Bakteri yang bertanggungjawab mengakibatkan jerawat berkembang biak di kulit yang berkeringat,’ terang Kluk. Karenanya, Kluk benar-benar merekomendasikan untuk selekasnya melepaskan baju olahraga dan mandi selekasnya sesudah olahraga.

Namun, Danso mengingatkan supaya waspada saat bersihkan badan, khususnya dalam pemakaian produk shampo. Karena kenyataannya, shampo yang kamu pakai bisa juga jadi memperburuk keadaan kulit nih.

“Sampo dan conditioner rambut bisa tinggalkan endapan di punggung yang bisa menutup pori-pori dan mengakibatkan munculnya jerawat. Hati-hatilah saat mencuci rambut dan secara halus bersihkan punggung sesudah keramas.” tegas Danso.

  1. Gunakan scrub

Selain menukar sabun mandi, Kluk merekomendasikan untuk memakai scrub seringkali dalam satu minggu. Karena, scrub bisa mengurangi kulit mati dan keluarkan komedo yang mampet dalam pori-pori kulit. “Bila kamu memperoleh banyak bintik di bawah kulit atau komedo, memakai scrub seringkali satu minggu di kamar mandi kemungkinan efisien,” anjuran Kluk.

Namun harus diingat supaya tidak menggosoknya terlampau keras. Karena, bila digosok secara kasar cuman akan memunculkan infeksi pada kulitmu. “Tetapi, selalu berlaku halus dan tidak boleh menggosok kulit Anda mentah-mentah karena ini bisa tingkatkan infeksi.” sambungnya

Sementara scrub yang disepakati pakar adalah produk dengan kombinasi dari exfoliator kimiawi seperti lactic acid, dan eksfoliator fisik yang berupa butiran mikro-dermabraison. Ke-2 bahan ini akan memberi faedah double untuk bersihkan kulit mati, minyak, dan kotoran sebagai penyebab jerawat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.