Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Ban Tapak Lebar Menurut Otoklix

Banyaknya model mobil  yang memakai ban tapak lebar, membuat para pengendara mobil lain ingin juga mengganti ban mobil mereka dengan ban yang sama tanpa memperhatikan dampaknya.

Mengganti ban mobil yang semula standar menjadi ban berukuran lebar boleh-boleh saja. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan ban yang tepat akan mempengaruhi keselamatan dan kenyaman Anda sebagai pengendara  selama di jalan.

Sebelum membahas dampak positif dan negative ban tapak lebar, kita pahami dulu macam-macam ukuran ban yang sudah dirangkum Otoklix berikut ini dan jangan lupa untuk mengunjungi website resmi Otoklix di www.otoklix.com untuk mendapatkan informasi tentang otomotif lainnya.

Macam-macam ukuran ban

Ukuran ban diproduksi secara berbeda beda. Untuk cara melihat ukuran ban adalah bisa dilihat pada dinding ban. Misalnya tertulis 185/65-R15.

Berarti ban tersebut memiliki lebar 185 mm, dengan ketinggian tinggi ban 65% dari 185 mm dan berdiameter 15 inch.

Nah, untuk itu, terkadang banyak orang mengganti ukuran bannya. Entah itu diameternya, ataupun lebarnya. Untuk mobil, biasanya penggantian ukuran ban diikuti dengan pergantian velgnya.

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil

Pengaplikasian ban tapak lebar pada mobil memiliki dampak positif tersendiri, yaitu traksi pada aspal yang lebih bagus.

Semakin lebar tapak ban, maka traksi ke aspal akan semakin bagus. Ada beberapa keuntungan untuk penggunaan ban tapak lebar, pertama, kita akan lebih percaya diri dalam melahap setiap medan jalan.

Terutama jika melewati belokan dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Tidak perlu khawatir ban akan selip.

Keuntungan kedua adalah dari segi keamanan. Dengan traksi yang semakin lebar maka ban tidak akan mudah selip. Apalagi kalau kita melakukan pengereman yang mendadak.

Kelebihan Ban Tapak Lebar di Mobil adalah pada tampilannya. Dengan mengganti tapak yang lebih lebar. Tampilan akar terlihat lebih garang dan juga berotot. Sebab, bila tapak ban tidak lebar, mobil akan terlihat kurus.

Kekurangan Ban Tapak Lebar pada Mobil

Setelah kita membahas dampak positif dari memodifikasi mobil kita dengan menggunakan ban tapak lebar, kita harus tahu dan mengerti dampak dari penggunaan ban tapak lebar pada mobil.

Meskipun ban tapak lebar anti slip, ternyata  Ban Tapak Lebar di Mobil memiliki dampak buruk dan mempengaruhi performa mesin mobil. Tidak hanya performa mesin, ada beberapa komponen yang dipaksa bekerja lebih keras jika menggunakan ban tapak lebar. Tentu saja untuk akselerasi akan berkurang walaupun bisa dikatakan tidak terlalu banyak.

Ban yang memiliki tapak lebar biasa memiliki berat yang lebih berat. Tidak hanya itu, dengan traksi ke aspal yang lebar, maka memaksa untuk mesin mengeluarkan tenaga ekstra dibandingkan biasanya.

Tidak hanya akselerasi yang berkurang, tetapi juga membuat bahan bakar lebih boros. Hal itu dikarenakan arena membutuhkan effort yang lebih daripada biasanya.

Saat mengemudi, maka kita akan menekan pedal gas lebih dalam. Hal itu akan membuat bahan bakar lebih boros. Selain itu, penggunaan ban tapak lebar dapat berkurangnya radius putar.

Semakin kecil radius putar sebuah mobil maka akan semakin mudah untuk digunakan putar arah dan sebagainya.

 

Nah, dengan mengganti ban tapak lebar pada mobil. Tentu saja akan mengurangi radius putarnya. Apalagi jika anda mengganti ukuran lebarnya cukup banyak. Ban akan lebih mudah mentok ke fender alias spakbor dalam mobil.

 

Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil yang terakhir tergantung pada jenis ban yang kita pilih, jika kita menggunakan ban yang memiliki kualitas yang kurang bagus dan akan berpengaruh pada suara ban. Semakin lebar tapak ban, maka akan semakin banyak gesekan ke aspal. Untuk ban yang memiliki kualitas yang kurang baik. Maka, akan membuat road noise dari ban yang membuatnya semakin berisik.

 

Namun, jika Anda menggunakan ban yang memiliki kualitas bagus tidak akan terlalu bermasalah. Atau jika mobil anda  memiliki peredaman kolong yang bagus. Jadi bukannya tidak bagus mengganti ban standar bawaan pabrik dengan ban tapak lebar, namun harus benar-benar diperhatikan komponen mobil kita lainnya jangan sampai lebih mengedepankan gaya namun malah merusak mesin mobil.

 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan ban tapak lebar untuk mobil. Jika Anda masih ingin mengganti ban tersebut, sebaiknya dilakukan di bengkel terpercaya seperti Otoklix. Selain mengganti ban, Otoklix juga sebagai bengkel ganti oli terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.