19 Februari 2024 Oleh admin 0

Inilah Tips Memilih Mozaik untuk Lantai Kolam Renang

Memiliki kolam renang dengan tampilan yang cantik dan kokoh tentunya impian banyak orang. Selain menggunakan perekat keramik lantai, Anda juga perlu memilih mozaik yang tepat untuk mendapatkan lantai kolam renang yang cantik dan awet.

Pada dasarnya, ada beberapa mozaik yang mampu memberikan tampilan yang indah nan mewah bagi kolam renang. Mozaik tersebut bisa membuat air kolam terlihat lebih jernih dan berkilau. Tentunya, ini akan memberikan pengalaman berenang yang lebih menyenangkan di kolam tersebut. Agar tidak salah pilih, mari ikuti informasi berikut!

Tips Memilih Mozaik untuk Lantai Kolam Renang

Seperti yang diketahui, saat ini ada banyak pilihan mozaik kolam renang yang dapat dipilih. Hal ini mungkin membuat Anda bingung menentukan mozaik mana yang cocok untuk kolam renang Anda. Sebelum menggunakan perekat keramik lantai untuk menyusun, lebih baik terapkan terlebih dahulu tips memilih mozaik berikut:

  • Pilih Bahan Mozaik Berkualitas

Tips pertama yang bisa dilakukan dalam memilih mozaik untuk kolam renang yaitu pilihlah bahan mozaik yang berkualitas. Mozaik yang berkualitas dibuat dari bahan yang kuat sehingga tidak mudah tergores. 

Dalam hal ini, Anda bisa memilih mozaik dari keramik atau kaca. Kedua bahan tersebut memiliki daya tahan dan kekuatan yang cukup baik terhadap terpaan air dan cuaca ekstrem. Selain itu, kedua bahan tersebut juga lebih mudah dirawat. 

  • Pilih Bentuk dan Ukuran yang Tepat

Tips berikutnya yaitu memiliki bentuk dan ukuran yang tepat. Umumnya mozaik yang banyak digunakan untuk kolam renang yaitu berukuran 5 x 5 cm, 7,5 x 7,5 cm, dan 10 x 10 cm. Akan tetapi, tersedia juga ukuran lainnya yang bisa disesuaikan dengan ukuran kolam renang Anda.

Sebagai saran, pilihlah mozaik kolam renang dengan ukuran yang tidak terlalu kecil. Alasannya, nat atau jarak antar keramik akan terlihat lebih mencolok ketika selesai dipasang sehingga tampak kurang menarik.

  • Pertimbangkan Anggaran

Dalam memilih mozaik yang berkualitas, Anda juga perlu mempertimbangkan jumlah anggaran yang dimiliki. Memiliki kolam renang yang cantik dan kokoh memang impian banyak orang. Namun, biaya yang dibutuhkan untuk membangun kolam renang tidak sedikit. 

Jadi, pastikan Anda sudah memperhitungkannya dengan baik anggaran yang dimiliki dari hulu ke hilir, termasuk perekat keramik lantai. Usahakan agar memilih mozaik kolam renang yang berkualitas, tapi harganya masih masuk dengan anggaran yang tersedia.

  • Pilih Produk yang Kuat dan Tidak Mudah Lepas

Untuk mendapat kolam renang yang kuat dan kokoh, Anda perlu memilih mozaik yang berkualitas. Pastikan mozaik tersebut tidak mudah terlepas atau terangkat. Selain itu, pastikan mozaik tersebut memiliki daya tekan atau daya lentur yang baik, yakni sebesar 450 kg/cm2. 

Umumnya, keramik biasa hanya memiliki daya tekan sekitar 200 kg/cm2. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan mozaik khusus kolam renang agar lebih tahan terhadap gesekan dan tetap aman ketika terinjak-injak oleh banyak orang.

  • Pertimbangkan Warnanya

Dalam hal ini, Anda bisa menentukan terlebih dahulu warna dasar yang diinginkan untuk kolam renang. Sebagai saran, sebaiknya Anda tidak memilih mozaik kolam renang dengan dominasi warna gelap. 

Anda bisa memilih warna-warna cerah agar memberikan kesan yang lebih segar. Selain itu, warna terang juga membantu mempermudah pengontrolan kejernihan air pada kolam renang. Namun, hal ini tetap dapat disesuaikan dengan selera dan tema kolam renang yang diinginkan. 

Pemilihan warna ini tidak terlalu jadi masalah bisa untuk kolam renang pribadi. Anda bisa memilih warna apa saja yang paling sesuai dengan keinginan. Namun, bila kolam renang ini ditujukan untuk penggunaan bersama, sebaiknya pilihlah warna mozaik yang dapat memberikan kesan cerah pada kolam tersebut. 

Warna mozaik yang gelap biasanya hanya digunakan untuk mempertegas tekstur saja, sangat jarang digunakan sebagai warna dominan pada kolam renang. Misalnya, warna gelap ini digunakan sebagai frame, atau mempercantik kolam renang agar tidak terlihat polos. 

Dengan begitu, akan timbul kesan artistik yang lebih menonjol lantai, dinding, ataupun dek kolam renang. Dalam hal ini, diperlukan ketelitian dan penggunaan perekat keramik lantai agar pemasangan mozaik lebih rapi. 

Dalam memilih mozaik terbaik untuk kolam renang, Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas. Mulai dari pemilihan bahan mozaik yang berkualitas, memilih ukuran yang tepat, menyesuaikan dengan anggaran, memilih mozaik yang kuat dan tidak mudah lepas, hingga memilih warna yang tepat untuk kolam renang.

Selain memperhatikan tips di atas, sebaiknya pemasangan mozaik kolam renang juga menggunakan lem perekat keramik lantai berkualitas seperti SikaCeram – 180 GA TileFix. Produk ini memiliki sederet keunggulan seperti memiliki daya rekat yang kuat, cocok untuk granit, dapat diaplikasikan pada area basah dan dinding, mudah digunakan cukup menambahkan air.

Perlu diketahui bahwa Sika merupakan brand unggulan yang sudah berpengalaman selama 113 tahun dalam menangani berbagai proyek global. Brand ini juga menjadi salah satu yang memiliki andil dalam proyek MRT di Indonesia. 

Tidak hanya itu, Sika juga merupakan pencetus produk waterproofing semen pertama di Indonesia. Dari perjalanannya yang sudah sangat panjang, tentunya Sika memiliki banyak pengalaman untuk mendukung berbagai proyek besar lainnya.

Tidak hanya memiliki produk perekat keramik lantai berkualitas, Sika juga menawarkan sederet produk unggulan lainnya yang dapat mendukung berbagai proyek konstruksi, manufaktur industri, otomotif, serta distribusi. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, klik di sini!